GANTI CROSS JOINT AS KOPEL

Salah satu penyakit Suzuki Jimny, kerap terjadi sentakan dan bunyi jedek-jedek di kolong. Musababnya, cross joint oblak.

“Kopelnya memang banyak spelling. Jadi yang sering kemakan cross joint-nya,” terang bang Mochtar, mekanik Suzuki dari Karya Tiga, di Meruya, Jakbar.

Gejala itu terasa saat mobil berakselerasi. Kalau dibiarkan akan timbul getaran keras yang kerap mengganggu abang yang lagi nyetir.

Solusinya, cross joint harus diganti. Prakteknya  enggak terlalu sulit, kok! Harga produk asli (Suzuki Genuine Parts) Rp 100 ribuan. Kalo mau ngirit, pakai merek GMB (Rp 55 ribu).

Sebenarnya cara menggantinya sama saja untuk setiap jenis mobil yang berpenggerak roda belakang. Jadi tips ini bisa di aplikasikan hampir disetiap merek mobil selain Suzuki. Mulai, yuk! Bang!@Pj

  • Sebelumnya, dongkrak mobil. Pastikan kendaraan aman atau tidak bergerak. Lalu buka keempat mur yoke bagian belakang pakai kunci pas 12 mm. Lanjutkan mengendurkan baut flens kopel dari as differensial gardan menggunakan alat sama.
  • Copot kedua bagian propeler itu dengan cara menarik pakai tangan. Sehingga antara as kopel dan flens dapat terpisah.
  • Biar mudah, singkirkan kopel dari tempatnya. Buka kedelapan klip/ring pada sambungan flens dan yoke. Gunakan tang snap ring dan tarik kelua dengan bantuan obeng minus.
  • Sebelum peranti penghubung ini dilepas, beri tanda ‘garis’ pada yoke dan as kopel pakai spidol atau bolpoin. Maksudnya supaya tepat di posisi yang sama (balance) saat tahap pemasangan kembali. Kemudian, kendurkan nipel pada batangnya.
  • Ketoklah flens dengan palu untuk melepas bearing pengikatnya. Lanjutkan pada sisi lain¬† dengan cara sama sampai keempat bantalan terlepas. Gunakan alat bantu pemegang jepit agar tak bergeser ketika dipukul.
  • Bila bantalan sudah terlepas, copot cross joint. Caranya, tarik perlahan-lahan menggunakan tangan. Lakukan cara yang sama pada sisi kebalikannya.
  • Jika kedua spider (sebutan lain cross joint) sudah terlepas, bersihkan yoke, flens dan gerigi sambungan. Biar lebih sip, gunakan sikat kawat plus bensin/minyak tanah untuk membasmi dari kotoran dan gemuk. Jangan lupa dikeringkan pakai lap atau disemprot angin.
  • Biar mudah pasangnya, beri sedikit gemuk pada bagian gerigi sambungan. Oleskan pula didalam bantalan barunya.
  • Pasang X-joint baru ke as kopel dilanjutkan ke yokenya. Trus, masukkan pula bantalannya. Ketok pakai palu atau ujung gagang kunci T sampai rata. Jangan lupa mengunci lagi pakai snap ring. Lantas, pasang nipel pada cross joint dan yoke ke posisi semula.
  • Pasang nipel ke posisi awal dan beri gemuk pada keempat ujungnya. Gunakan alat pompa gemuk untuk memasukkannya. Terakhir, pasang kembali rangkaian kopel yang sudah dirangkai tadi. Caranya sama seperti tahap pertama, bang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: